Senin, 26 Maret 2012

Sport Ekstrim : Bungy Jumping.di Kuta-Bali yang Mendebarkan



Bermacam macam jenis olahraga dari yang sekedar olahraga biasa maupun yang ekstrim. Olah raga ekstrim sangat membutuhkan nyali yang sangat besar. Untuk menguji keberanian bisa dilakukan dengan melompat di ketinggian atau Bungy Jump.
Bungy Jump diburu para wisatawan yang berlibur ke Bali, baik domestik atau mancanegara. Hal ini disebabkan olah raga ini hanya ada di
tujuh negara, yaitu Australia, Perancis, Jerman, Macau, New Zealand, Russia, dan Indonesia.
Untuk di Indonesia, olah raga ekstrim Hackett Bungy Jump ini hanya ada di Jl Double Six, Seminyak, Kuta, Bali. Di Kuta, Uji Nyali, Bungy Jumping memiliki ketinggian 45 meter.

Olah raga ini mengundang nyali besar untuk menjajalnya meskipun diliputi rasa takut. Rasa deg-degan selalu dirasakan meskipun pernah melompat beberapa kali.
“Aku sudah tiga kali melompat tapi tetap saja deg-degan,” kata Dara saat berbincang dengan detikcom sebelum menerjunkan dirinya dari atas menara.
Olah raga keberanian ini tak mengenal jenis kelamin. Seorang gadis meloncat seorang diri karena kekasihnya tak memiliki keberanian untuk merasakan sensasi terhempas ke bumi. “Pacarku takut, jadi saya sendirian saja. Takut juga sih tapi rasa ingin mencobanya sangat kuat. Antara takut dan berani bercampur aduk,” kata Indah, seorang wisdom asal Jakarta.

Bungy Jump memiliki beberapa gaya yang masing-masing memiliki sensasi yang berbeda. Lompatan yang paling sederhana, reguler jump atau lompatan klasik, yaitu dengan kedua kaki diikat. Lompatan berkembang dengan berbagai gaya, seperti tandem jump atau melompat berpasangan.
Untuk memilih gaya yang lebih ekstrim, bisa menggunakan gaya BMX-Treme atau melompat dengan menggunakan sepeda BMX dan Moto Madness atau melompat dengan menggunakan sepeda motor.

Ada juga wisatawan yang suka bergaya melompat menggunakan berbagai kostum, seperti bergaya ala superhero, seperti spiderman atau superman. “Gaya ini sangat disukai wisatawan asing yang suka sensasi di udara,” kata Marketing communication Hackket Bungy Jumping Theresa Dam kepada detikcom.
Pecinta Bungy Jump akan mendapatkan beragam fasilitas usai menjajal olah raga ini, diantaranya asuransi, kaos, foto dan video saat beratraksi di udara. “Standar keamanan dan keselamatan sangat terjamin,” kata Theresa.

Namun olah raga ekstrim ini cukup mahal. Satu kali loncatan, pecinta Bungy Jump merogoh uang sebesar 99 dolar AS. Bagi wisatawan domestik diberikan harga khusus. Momen yang indah untuk melompat adalah pada saat matahari terbenam di pantai Kuta atau pada malam hari.Detik.com