Kamis, 24 Januari 2013

Wisata ke Taman 4 Musim : Four Season Garden di UK

Taman yang sempurna (Four Seasons Garden)
Kebun saat musim dingin

Pada umumnya sebuah taman di daerah 4 musim hanya cantik di saat musim semi tetapi berbeda dengan taman yang telah mendapat penghargaan nasional ini. Four Seasons Garden yang terletak di Walsall, Inggris, punya warna-warni di setiap musim. Apakah itu musim semi, panas, gugur, atau dingin, kebun bunga ini tetap cantik!


Terletak di Walsall, West Midlands, Inggris, kebun ini sebenarnya milik keluarga yang kemudian dijadikan sebagai tempat tujuan wisata. Jelas saja, kebun ini memiliki tanaman dengan warna-warna yang sangat cantik. Saking cantiknya, kebun ini pernah memenangkan kompetisi kebun nasional oleh Daily Mail pada tahun 2007.
Kebun saat musim semi (Four Seasons Garden)

Kebun saat musim semi (Four Seasons Garden)

Four Seasons Garden memang tidak seluas taman di pusat kota-kota besar di Inggris. Namun pesonanya dapat memikat banyak wisatawan. Beberapa dari mereka yang datang awalnya hanya tahu tentang kebun ini dari situs jejaring sosial, Facebook. Kemudian mereka mulai mencari tahu tempat di mana kebun tersebut berada untuk mengunjunginya.

Tidak seperti taman-taman indah lainnya yang membutuhkan biaya besar dan tukang kebun profesional, kebun ini diciptakan secara otodidak. Seperti yang dilansir dari situs resmi Four Seasons Garden, kebun ini dirancang oleh tukang kebun amatir. Adalah Tony dan Marie Newton, sepasang suami istri pemilik sekaligus sang arsitek kebun ini. Mereka mengaku, awalnya ini adalah sebuah hobi yang berlanjut ke tahap lebih serius, yaitu membuat kebun sebagai destinasi wisata.
Kebun saat musim panas (Four Seasons Garden)

Kebun saat musim panas (Four Seasons Garden)

Uniknya lagi, kebun ini dirancang oleh Newton agar bisa dinikmati 4 musim dalam setahun. Mungkin karena hal itulah kebun ini diberi nama Four Seasons Garden. Tanaman di kebunnya dipilih dengan sangat selektif agar bisa terlihat cantik saat musim semi, panas, gugur, dan dingin. Selain tanaman yang memiliki bunga berwarna cerah, di kebun ini Anda juga bisa menemukan tanaman pakis yang menjalar, palem, bambu, bahkan pohon pisang. Untuk bisa merangkai itu semua untuk menjadi kebun yang indah, Newton mengaku telah menghabiskan waktu selama 20 tahun!

Kebun saat musim gugur (Four Seasons Garden)

Kebun saat musim gugur (Four Seasons Garden)

Duduk di kursi dengan secangkir teh hangat sepertinya menjadi kegiatan yang sangat menarik. Sesekali burung-burung kecil akan masuk ke dalam kebun dan memberikan nyanyian merdunya. Belum lagi suara tenang dari daun-daun yang tertiup angin. Benar-benar suasana yang sempurna untuk kebun di belakang rumah.

Di luar semua keindahan yang ditawarkan, memelihara kebun ini bukanlah hal yang mudah. Terutama saat cuaca sulit untuk ditebak seperti saat ini. Walaupun begitu, Newton sangat yakin kalau kebun buatannya ini tahan di 4 musim sekaligus. Di 3 musim mungkin tanaman bisa tumbuh dengan semestinya, tapi di musim dingin ini sangat mustahil. Oleh karena itu, saat musim dingin, Newton selalu menyelimuti tanamannya dengan tas plastik, taplak meja, bahkan hingga bulu-bulu domba. Usaha kerasnya membuahkan hasil, tanaman selamat dari dinginnya suhu di setiap musim dingin.

Baru tahun ini Newton membuka kebunnya untuk umum. Sayangnya kebun tidak dibuka setiap hari, tapi hanya pada tanggal-tanggal tertentu saja, demi kenyamanan keluarga dan tanaman di kebunnya sendiri. Pada bulan ini, kebun sudah dibuka pada hari Minggu. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mengunjunginya tidak perlu berkecil hati, sebab bulan Agustus nanti kebun akan dibuka lagi. 

Untuk bisa masuk ke dalam Four Seasons Garden, Anda harus membayar biaya masuk sebesar £ 3 atau sekitar Rp 44.000. Dana tersebut nantinya akan digunakan keluarga Newton untuk biaya perawatan dan sebagian akan disumbangkan untuk amal.