Kamis, 25 Juli 2013

Pagar Rumah Unik dengan Akuarium Ikan Laut

Pria ini ganti pagar vilanya dengan akuarium
Pagar akuarium. ©Facebook/Mehmet Ali
Pagar umumnya dibuat dari kayu atau metal. Namun tidak dengan vila mewah di Izmir, Turki, ini. Sebab pemiliknya, Mehmet Ali, sengaja mengubah pagar metal di vila miliknya dengan akuarium sepanjang 50 meter beserta ikan dan gurita di dalamnya dan sirkulasi air terjaga baik.

Terletak di dekat Laut Aegean, properti milik Mehmet Ali memang menjadi salah satu daya tarik wisata favorit bagi para wisatawan. Hal itu dikarenakan pagar berupa akuarium yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.
Delapan tahun lalu, wirausahawan asal Turki tersebut punya ide untuk mengubah pagarnya dengan sesuatu yang tidak biasa. Mungkin membangun akuarium transparan tidak sulit. Namun yang membuatnya rumit adalah pembangunan pipa bawah tanah sepanjang 400 meter yang langsung menyalur ke laut Aegean.
Pagar akuarium
Tujuan dari pembangunan pipa bawah tanah tersebut tidak lain adalah agar air dalam akuarium bisa diganti secara rutin. Sehingga penampilan akuarium tetap cantik dan penghuninya tetap betah.
Sebagaimana dilansir dari OddityCentral, Mehmet harus merogoh kocek sekitar USD 21 ribu (Rp 200 juta lebih) untuk membangun akuarium tersebut. Namun ia mengaku puas dan tidak menyesal setelah melihat hasilnya.
Menurut beberapa laporan, ada sekitar 1.000 ikan yang hidup di akuarium Mehmet. Meskipun sudah dibangun sejak delapan tahun lalu, vila dengan pagar akuarium itu tetap ramai dikunjungi wisatawan.
Pagar akuarium
Demi menjaga keamanan dan mencegah kerusakan, Mehmet memasang CCTV canggih untuk memantau para wisatawan. Pengunjung pun bisa melihat, memotret, dan merekam pagar akuarium tersebut.
Pagar akuarium