Minggu, 05 Agustus 2012

Gateway of India : Obyek Wisata Sejarah yang Menarik

img
Mumbai - India tak hanya identik dengan Taj Mahal. Ada Gateway of India, monumen raksasa yang jadi pintu masuk negeri rempah tersebut. Berdiri megah di selatan Mumbai, monumen ini mirip seperti Arc de Triomphe di Kota Paris,Perancis .


img
Siapa pun yang memasuki Kota Mumbai lewat Laut Arab, pasti terkejut melihat monumen raksasa yang berdiri di dekat pelabuhan. Berlokasi di Apollo Bunder, sebelah selatan Mumbai, monumen ini diberi nama Gateway of India. Berdiri megah setinggi 26 meter, monumen ini mirip seperti Arc de Triomphe di Kota Paris, Prancis.

Walau begitu, tak ada fakta yang menyatakan hubungan antara dua monumen ini. Gateway of India dibuat pada 1913, sebagai monumen peringatan masuknya keluarga Kerajaan Inggris Raya, yaitu Raja George V dan Ratu Mary, dua tahun sebelumnya. Peletakkan batu pertama dilakukan oleh Walikota Bombay pada masa itu, Sir George Sydenham Clarke.Gateway of India rampung pada 1924. Mengutip buku "1001 Historic Sites You Must See Before You Die" pada Sabtu (21/7/2012), monumen ini dipengaruhi gaya bernama Indo-Saracenic. Sebuah gaya arsitektur asal Gujarat pada abad ke-16.

img
Monumen ini jadi pintu masuk, sekaligus pintu keluar Kerajaan Inggris Raya. Pasukan Inggris terakhir yang meninggalkan India pasca kemerdekaan adalah The First Battalion of Somerset Light Infantry, pada 1948. Sekarang, Gateway of India menjadi salah satu destinasi populer di Kota Mumbai.
img
Dari jauh, wisatawan sudah bisa melihat kemegahan bangunan ini. Hampir seluruh bangunannya dipenuhi ornamen ala Romawi dan Gujarat. Tampak pula kombinasi gaya arsitektur Hindu dan Muslim. Di tiap sisi kubah utama, terdapat ruangan besar yang bisa menampung 600 orang. Ini adalah destinasi wajib bagi Anda yang berkunjung ke India.detikTravel.com