Selasa, 12 Juni 2012

Wisata kuliner di Kota Singapura


Di Singapura banyak terdapat restoran berbagai bangsa dan berbagai jenis.Dari aneka masakan tersebut kita mendapatkan pengalaman gastronomi dan budaya asal makanan tersebut.
Berikut ini beberapa tempat perhentian berharga dimana Anda harus mencoba masakannya:
1. Maxwell Road (11 South Bridge Road)
Kios-kios di Maxwell Road disusun dalam tiga kolom yang panjang dan dibelah dua oleh jalan setapak. Di sini mudah untuk menemukan tempat-tempat dengan makanan yang enak. Salah satu pilihan terbaiknya adalah Tian Tian Hainanese Chicken Rice (Stall No 10) yang menawarkan akar makanan dari Cina dengan hidangan daging dan nasi putih beraroma yang menggiurkan. Seiring dengan semangkuk kaldu, Anda bisa membumbui dengan kecap manis dan sambal super pedas.

2. Old Airport Road (51 Old Airport Road)
Ini adalah pusat jajanan yang berada beberapa mil di timur Singapura. Untungnya, ada kereta bawah tanah yang berhenti di stasiun terdekat. Pilihan terbaik di sini adalah Toa Payoh Rojak (Stall No 01-108) yang menyajikan hidangan rujak yang berisi nanas, taoge, mangga hijau, sotong kering, kacang cincang yang disiram dengan saus manis, pedas, dan asam.

3. Chinatown Complex (335 Smith St)
Di Chinatown Complex Anda mungkin akan menemukan skitar 200 rumah makan. Pilihan terbaiknya adalah Xiu Ji Ikan Bilis (Stall No 02-184) yang menawarkan sup ikan dengan kaldu laut yang diisi mie tebal atau tipis, tiga jenis dadih buncis, saus, ikan bilis ( kering teri), dan daun bawang. Sebagai pelengkap tambahkan saus cabai.

4. Geylang Serai (1 Geylang Serai)
Pusat jajanan di sini ada di lantai dua sebuah gedung yang baru direnovasi dengan sebuah pasar di lantai dasarnya. Hidangannya berakar pada makanan Indonesia dan tempat lain di Asia Selatan. Pilihan terbaiknya adalah Faseebab Muslim Food (Stall No 02-161) yang menyajikan Kuah mee, sup kaldu dengan daging domba dan cabai merah. Bila tidak cukup pedas, Anda bisa menambahkan tiga jenis cabai hijau.

5. Tiong Bahru (83 Poh Seng Road)
Tiong Bahru menawarkan beberapa tempat makan namun pilihan terbaiknya adalah Jian Bo Shui Kueh (Stall No 05/02) yang menyajikan kue kukus tepung dengan campuran dari lobak rebus, bawang putih, kedelai dan saus cabai.

6. Zion Road (70 Sion Road)
Meskipun pilihan rumah makan relatif terbatas di sini, Anda bisa menuju 18 Char Kway Teow (Stall No 01-173). Meskipun cenderung menawarkan hidangan Cina, Char Teow kway melambangkan kecenderungan Singapura untuk memadukan dan menyesuaikan masakan Asia lainnya. Sepiring char kway teow berisi mie lebar, telur, kerang, sosis Cina, tauge dan kecap kental manis.
Semua tempat ini memilik keragaman masakan yang berbeda. Ini tentunya bisa menambah pengalaman wisata kuliner Anda. Selamat mencoba. (oregonlive.com)