Senin, 11 Februari 2013

Kambing yang Suka Diatas Pohon & 7 Pemandangan Unik Lainnya

img

Kambing yang hobi memanjat pohon di Maroko (news.com.au/Escape reader Peter Clarke)

Bila kita berkunjung ke suatu negara tidak hanya melihat pemandangan alam saja, tetapi juga tentang kuliner dan hal hal yang  menarik lainnya.Berikut ini ada 8 hal unik dari beberapa negara yang salah satunya tentang kambing yang senang melihat pemandangan dari atas pohon.
Jangan kedipkan mata saat Anda traveling. Lihatlah sekeliling destinasi Anda, barangkali ada sesuatu yang aneh atau tidak biasa. Beberapa destinasi mempunyai pemandangan yang aneh dan menjadi ciri khasnya. Bukannya takut, justru wisatawan ingin melihat dari dekat sekaligus menjawab rasa penasaran mereka.

Dikutip dari News Australia, Selasa (12/2/2012), berikut 8 pemandangan aneh di dunia:

1. Kambing pemanjat pohon, Maroko, Afrika Utara

Afrika memang kaya dengan beragam satwa liar. Tapi, dari beberapa satwa tersebut justru mempunyai pola hidup yang tidak biasa. Di Maroko, Anda bisa melihat kambing yang lincah memanjat pohon!

Jangan kaget, pemandangan ini benar-benar nyata. Kambing-kambing di Maroko sangat lincah bergerak di atas dahan pohon layaknya kera. Pohon yang dipanjat kambing tersebut adalah pohon argan. Mereka memanjat pohon tersebut untuk memakan daunnya yang rimbun.

2. Api terjun di Taman Nasional Yosemite, California, AS

Memandangi air terjun yang cantik dengan cipratan airnya yang segar, itu sudah biasa. Di air terjun Horsetail, Taman Nasional Yosemite, Anda akan melihat sesuatu yang tidak biasa, yaitu api terjun!Pemandangan ini mampu membuat mulut Anda terkunci. Bayangkan, ada cahaya yang bagaikan api berwarna oranye kemerahan terjun dari salah satu sisi tebing. Meski banyak yang menganggap ini adalah lava, tapi sebenarnya ini benar-benar air terjun.

Hal ini terjadi karena sinar cahaya matahari. Selain itu, cuaca yang cerah juga memungkinkan Anda untuk melihat fenomena aneh nan cantik ini. Untuk melihatnya, Anda bisa datang saat dua minggu terakhir di bulan Februari. Fenomena ini berlangsung tiap tahun.

3. Air terjun darah di kawasan Antartika

Jika api terjun belum mampu mengerutkan dahi Anda, cobalah datang ke Gletser Taylor, Lembah McMurdo, Antartika. Di sini ada air terjun darah yang berwarna merah pekat. Hii!

Warna merahnya benar-benar mirp darah manusia. Sehingga, air terjun ini dijuluki blood-red waterfall atau air terjun merah darah. Meski berada di kawasan Antartika dan dikelilingi es, tak sedikit wisatawan yang datang ke sini. Mereka pun rela membangun tenda untuk terus melihat fenomena alam yang aneh ini.

Usut boleh usut, teryata air terjun merah darah ini pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh para ahli geologi.Warna merah berasal dari mikroba yang terjebak di dalam danau beku di bawah gletser. Tidak memiliki kesempatan untuk keluar, mikroba pun mulai berkembang biak dengan memanfaatkan mineral yang banyak terdapat di dalam danau. Berani lihat dari dekat?

4. Ice circle di Belanda

Anda tahu crop circle? Sebuah fenomena berpa bulatan hijau yang biasa terjadi di ladang-ladang atau padang rumput. Tidak kalah aneh dengan crop circle, ice circle adalah bulatan-bulatan yang yang terjadi di atas es yang membeku.

Menurut para ilmuwan, ice circle terjadi di sungai-sungai yang bergerak lambat pada suhu yang dingin. Awalnya permukaan es berada di atas air, lalu bergerak perlahan dengan arus sungai yang lambat dan membentuk suatu piringan. Fenomena ini biasanya terjadi di negara-negara beriklim dingin, seperti Belanda.

5. Gurun garam di Bolivia

Jika biasanya gurun identik dengan pasir, maka berbeda di Bolivia. Negara di Amerika Selatan ini punya gurun garam yang terluas di dunia. Luasnya hingga 10.000 kilometer persegi.

Gurun garam yang bernama Salar de Uyuni ini berada di dekat Pegunungan Andes. Bagi Anda yang datang ke sini, siap-siap takjub oleh 'lautan' garam yang sangat luas. Bahkan, hotel di sini juga terbuat dari garam.

Salar de Uyuni merupakan bagian dari Danau Michin, danau besar pada zaman prasejarah. Kemudian Danau Michin mengering dan menyisakan Salar de Uyuni. Ajaib!

6. Lembah bulan di Argentina

Ada pemandangan yang tidak biasa di Ischigualasto Provincial Park, bagian timur laut Argentina. Di sini ada tempat yang dikenal dengan sebutan valley of the moon atau lembah bulan!

Ya, di lembah ini Anda akan menemukan pemandangan yang paling tidak biasa di bumi. Selain tandus, keunikan lembah ini adalah adanya batu-batu berwarna bulat seperti kelereng raksasa. Batu-batunya pun tersusun rapi seperti membentuk suatu formasi.

Hingga kini, belum ada penelitian yang mampu menjelaskan fenomena ini. Saat traveling ke Ischigualasto Provincial Park, Anda seperti sedang berada di dunia yang berbeda!

7. Hutan batu di China

Siap-siap terkejut saat berkunjung ke Kota Shilin Yi, Yunnan, China. Di sana ada hutan yang tidak memiliki pepohonan hijau, melainkan bebatuan abu-abu menjulang tinggi ke angkasa.

Ya, ini adalah hutan batu dengan formasi karst yang terkenal. Hutan batu ini berasal dari erosi hujan dan angin ke bebatuan kapur yang ada di sana. Bebatuannya seperti staglagmit, tapi menjulur dari bawah tanah. Batu yang paling tinggi di sini bisa mencapai ketinggian 30 meter.

8. Nazca Lines, Peru

Mungkin, inilah pemandangan yang paling aneh di dunia. Nazca Lines adalah sebuah gambar atau motif kuno yang misterius. Motif tersebut ada yang berupa ikan, burung, laba-laba, monyet, ikan, hiu, dan ratusan motif lainnya. Anehnya lagi, motif tersebut berada di area tandus seluas 80 km dan hanya bisa dilihat jelas dari udara!

Oleh sebab itu, Nazca Lines dinobatkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994. Hingga saat ini, tidak ada seorang pun yang tahu makna dan siapa pembuat motif-motif tersebut. tetapi, kebanyakan para ahli percaya bahwa motif tersebut adalah makna keagamaan.

Itulah 8 pemandangan aneh yang ada di dunia. Meski aneh, tidak sedikit traveler yang datang ke berbagai destinasi tersebut dan melihat pemandangan yang mampu menimbulkan segudang rasa penasaran.