Jumat, 13 April 2012

Tak Hanya kemewahan, Dubai Juga Mengembangkan Wisata Budaya

Burj Khalifa, Gedung tertinggi di dunia (Foto: arabicguy)

SETELAH sukses membangun gedung tertinggi di dunia, pulau buatan, dan lereng ski bersalju di dalam ruangan, Dubai bersiap membuat terobosan lain untuk menarik wisatawan. Ibu Kota Uni Emirat Arab ini tengah mengembangkan opera dan seni untuk membawa wisatawan ke kota modern ini.

Dubai, yang menjadi salah satu destinasi wisata terdepan di dunia, muncul dengan serangkaian proyek uniknya, mulai pulau buatan, lereng ski, dan salju di dalam ruangan. Kini, mereka mengembangkan jalur opera dan seni dalam upayanya meningkatkan pariwisata. Dubai baru saja mengumumkan rencananya untuk membangun sebuah museum seni dan gedung opera modern di dalam Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia.


Opera dan museum ini akan masuk dalam kompleks hiburan di gedung tersebut. Selain gedung opera dan museum, kompleks hiburan ini juga akan berisi galeri seni, dua hotel baru, serta beberapa hunian pribadi.

"Pencapaian budaya suatu bangsa menentukan karakter dan individualitas," tutur Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, Perdana Menteri Uni Emirat Arab seperti dikutip Reuters, Jumat (23/3/2012). "Kami akan mempromosikan nilai-nilai budaya Dubai dan Uni Emirat Arab melalui proyek-proyek seperti Dubai Modern Art Museum & Opera House," katanya.

Namun pemerintah tidak menyebutkan kapan dan bagaimana museum ini akan didanai. "Desain dan elemen konsepnya sudah dirancang, kini tinggal diselesaikan dan pembangunan akan segera dimulai," jelasnya.

Wilayah Teluk Arab di sekitar Dubai sendiri sudah memiliki beberapa gedung opera, antara lain Muscat's Royal opera House, Royal Oman Symphony, dan Qatar Opera House. Tetangga Dubai, Abu Dhabi, juga tengah menunggu pembangunan Museum Guggenheim dan Louvre yang sebelumnya hanya ada di Paris, Prancis.