Kamis, 20 Desember 2012

2 Wahana Baru di Dunia Fantasi Ancol Mulai Dibuka

TreasureLand Temple of Fire (Foto: Fitri/Okezone)

SUDAH pernah merasakan semua wahana di Dunia Fantasi Ancol? Tentu belum, sampai Anda merasakan dua wahana baru yang telah dibuka  ini.

Ancol membuka dua wahana baru untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman wisata edukasi sekaligus menguji nyali. Wahana tersebut bertajuk TreasureLand Temple of Fire dan "Crazy" Highest Longest Slide di Atlantis Water Adventures.

"Ancol selalu mengusung suatu misi bahwa orang berekreasi tidak hanya senang-senang, tapi dapat ilmu dan manfaat, yang kita sebut sebagai wisata edutainment," kata Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, pada peluncuran wahana baru di Jakarta

TreasureLand Temple of Fire Kenalkan Profesi Arkeolog

Mungkin hanya sedikit anak-anak yang menjawab "arkeolog" saat ditanyakan cita-citanya. TreasureLand Temple of Fire membuka cakrawala berpikir mereka tentang profesi si penjaga benda-benda bersejarah dari kepunahan ini.

TreasureLand Temple of Fire adalah pertunjukan teaterikal berdurasi 25 menit di Panggung Maksima, menceritakan petualangan Oklahoma Smith dan beberapa arkeolog lain saat mengeksplorasi peninggalan zaman purba. Ada nilai kehidupan tentang baik dan buruk yang diangkat, ketika para arkeolog terpaksa pecah kongsi lantaran keinginan beberapa orang untuk menguasai hasil eksplorasi. 

"Kami ingin sekali memberi pelajaran tentang profesi arkeolog, profesi yang memberi jasa untuk negara. Candi Borobudur, misalnya, kalau enggak ada arkeolog, enggak akan ada yang tahu. Mereka mendapatkannya dengan perjuangan luar biasa," imbuhnya.

Seperti namanya, penggunaan efek api cukup boros di wahana ini. Bahkan, hawa panasnya bisa dirasakan penonton yang berjarak 10 meter dari panggung. Efek suaranya juga menghadirkan suasana mengejutkan.

Sementara, akting 12 artis pendukungnya penuh ekspresi yang menguatkan cerita. "Talent semuanya asing, tapi kami sedang mempersiapkan talent lokal, ini tentu proses pembelajaran. Pada hari kelima, kami mulai tampilkan talent lokal digabung dengan talent asing. Pada hari ke-16 dan sterusnya, semuanya talent lokal," sahut Winarto, Direktur Rekreasi PTPembangunan Jaya Ancol, pada kesempatan yang sama.

Aksi para stuntman dari Hollywood, Amerika, ini terbilang menegangkan, menggunakan berbagai perangkat yang tersedia di setting panggung.

"Kami punya api dan top stunt people yang akan membuat pertunjukan ini sangat teaterikal. Kami membawa tampilan dalam film ke atas panggung. Ini merupakan kerjasama kedua, dan kami senang bisa kembali menyajikan atraksi untuk warga jakarta," ujar Tom, stunt director TreasureLand Temple of Fire.

Efek yang menegangkan dirasakan para penonton, juga akting maksimal para pemain. "Keren banget efek-efeknya. Talent-nya maksimal, eskpresinya suka banget, ada pemeran yang berlagak bodoh, itu menghibur buat anak-anak kecil, tapi mungkin mereka kurang 'ngeh' dengan jalan ceritanya," kata Shinta (19).

"Diganti talent lokal, mudah-mudahan enggak jauh beda. Bahkan, harus lebih bagus dari mereka," sahut Ria (18).

Live show ini akan tampil dua kali sehari pada hari biasa dan tiga kali sehari pada akhir pekan.

Seluncuran Tertinggi di Indonesia


Wahana kedua bernama "Crazy" Highest Longest Slide, dua tabung seluncur air terbaru di Atlantis Water Adventures. Masing-masing memiliki ketinggian 18,6 meter dan 22,84 meter, serta panjang 122 meter dan 149 meter. Ini menjadikannya seluncuran tertinggi dan terpanjang di Jakarta, bahkan Indonesia.

"Di dalam kawasan itu, kami tidak lepas dari misi edutainment. Mungkin kita tidak tahu bahwa air laut bisa jadi air minum. Di sini, ada teknologi baru tersebut, yang bisa diterapkan anak-anak," jelas Winarto.Pihak Ancol menjamin keamanan wahana ini. "Keselamatan pengunjung merupakan hal yang utama sehingga kami harus menjaminnya setiap saat. Kami mendukungnya dengan sistem pemeliharaan dan perawatan rutin yang ketat," tandas Budi Karya..via ; travel.okezone.com



Pengunjung Ancol Terbanyak se-Asia Tenggara


Wahana baru rutin diluncurkan Ancol setidaknya setiap enam bulan. Hasilnya, Ancol menjadi wahana bermain dan edukasi dengan pengunjung terbanyak se-Asia Tenggara.

Pencapaian tersebut disampaikan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Budi Karya Sumardi. "Ancol menjadi yang terbesar dan terbaik di Asia Tenggara. Malaysia, Singapura, Thailand, kalah semuanya!," katanya, pada peluncuran wahana TreasureLand Temple or Fire dan Crazy, di Panggung Maxima, Ancol, Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Ditambahkan Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Winarto, data sepanjang setahun menunjukkan bahwa Ancol berhasil meraup kunjungan 15.000 wisatawan. Angka tersebut menempatkan Ancol pada posisi keempat terbesar di dunia.

"Jumlah ini hanya bisa dikalahkan Disney Orlando, Disney California, dan Tokyo, berikutnya Ancol. Dua dari Amerika, dua dari Asia, dan Indonesia satu-satunya dari Asia Tenggara," imbuhnya.

Menurutnya, pencapaian tersebut berkat dihadirkannya wahana-wahana baru secara berkala. Tahun ini saja, Ancol meluncurkan beberapa wahana.

"Tiap tahun Ancol bikin yang baru. Setelah tahun lalu Ecopark, tahun ini ada TreasureLand Temple of Fire dan Crazy yang akan dibuka 15 Desember nanti," ujarnya.

Inovasi wahana baru, ditambahkan Winarto, selalu dihadirkan Ancol setiap 6 bulan. Sebelumnya, tercatat ada Paddle Pop Show, Laskar Pelangi, Histeria, dan sebagainya.

"Jika diurut, setiap enam bulan ada yang baru," tandasnya.

Namun, disayangkan Winarto, prestasi dari sisi jumlah pengunjung tersebut tidak diimbangi dengan pemasukan dari tiket. Pasalnya, dibandingkan dengan ketiga taman bermain dunia tersebut, harga tiket Ancol dengan berbagai wahananya tergolong lebih murah.

"Masuk Ancol, misalnya, Rp200 ribu di Tokyo bisa sampai Rp500 ribu. Dari sisi pemasukan, jelas mereka lebih unggul. Namun, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, kami yakin bisa lebih baik," simpulnya kepada Okezone.