Minggu, 16 Desember 2012

Tips Naik Taksi di Singapura Tanpa Bayar Mahal



Taksi merupakan salah  transportasi umum yang bisa menjadi pilihan saat Anda berwisata di Singapura. Ada tips agar Anda tidak perlu membayar lebih mahal.

Taksi di Singapura dapat menjadi alternatif bila Anda tidak ingin susah payah berjalan kaki seperti saat menggunakan bus atau kereta Mass Rapid Transit (MRT). Eits, jangan asal naik taksi. Salah-salah Anda bisa kena biaya tambahan yang tak terduga, lho!

"Tarif taksi di Singapura itu berdasarkan perjalanan per 400/300 meter, namun ada juga biaya-biaya tambahan lainnya," kata Hamim, pemandu wisata Okezone di Singapura, belum lama ini.

"Memberhentikan taksi pun harus tahu dimana Anda berada. Bila Anda naik taksi dari distrik bisnis pusat atau Central Business District (CBD) pada pukul 17.00-00.00, Anda akan dikenakan biaya tambahan 3 dollar Singapura (sekira Rp24 ribu-red)," jelasnya.

Hal yang sama berlaku juga bila Anda naik taksi dari Bandara Changi. "Dari bandara, Anda dikenakan biaya tambahan sebesar 5 dollar Singapura (sekira Rp40 ribu-red) atau 3 dollar Singapura (sekira Rp24 ribu-red)," ujar Hamim.

Jam operasi juga mempengaruhi biaya taksi. Bila Anda naik dini hari hingga pukul 05.00 pada Senin-Sabtu, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 25 persen. Namun, di hari Minggu dan hari libur nasional pada jam yang sama, tarif taksi justru turun 25 persen.

"Yang pasti, hindari taksi berwarna hitam. Tarif taksi tersebut lebih mahal 50 persen daripada taksi lain di Singapura," tukas Hamim.Travel.okezone.com