Kamis, 20 Juni 2013

Wisata Liburan ke Bali, Kemana Saja ?


img
Liburan ke Bali memang identik dengan bermain di berbagai pantai eksotik. Namun siapa sangka, liburan sekolah ke Bali bisa jauh lebih asik selain ke pantai-pantainya.Berbagai wisata seru selain ke pantai bisa anak sekolah lakukan di Bali. Mulai dari melihat aneka koleksi burung cantik, belajar memasak kuliner dan menari Bali, menonton serunya tarian Kecak, sampai memburu oleh-oleh dijamin membuat liburan sekolah lebih berwarna.
Disusun detikTravel, Kamis (20/6/2013), inilah tempat-tempat bukan pantai di Bali yang asyik dikunjungi saat liburan sekolah: 

1. Wisata alam di Bali Bird Park

Ingin melihat aneka jenis burung berwarna-warni atau mendengar merdunya kicauan burung di Bali? Bali Bird Park tempatnya. Terletak di Jl Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar, Anda dapat melihat sekitar 1.000 koleksi burung dari Indonesia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Tempat ini buka setiap hari dari pukul 09.00-17.30 WITA, serta tutup saat perayaan Nyepi. Harga tiket masuk Bali Bird Park sebesar Rp 112.000 untuk anak-anak dan Rp 215.000 untuk orang dewasa. Meski cukup mahal, ribuan burung cantik dan unik akan membuat liburan Anda di Bali lebih berkesan.

2. Belajar kebudayaan tradisional di Bali Classic Center

Di Bali Classic Center, anak sekolah dapat melihat miniatur Pulau Bali, kesenian, serta kebudayaan masyarakat Bali. Tempat yang terletak di di kawasan Ubud, Gianyar ini lebih dikenal dengan sebutan Bali Mini. Anda dapat mengunjunginya dengan menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Denpasar.

Segala jenis tarian bali, tampilan kehidupan dan kebudayaan sehari-hari masyarakat Bali bisa dilihat di sini. Traveler juga bisa ikut serta dalam kesenian tradisional dan kuliner bali. Bali Classic Center cocok untuk belajar dan mengamati budaya Bali tanpa harus berkeliling Pulau Bali.

3. Memburu oleh-oleh di Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati adalah tempat berburu paling terkenal di Bali. Terletak di Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Pasar Sukawati menjual mulai dari kaos dengan kata-kata lucu, pernak-pernik kerajinan kayu, hingga cemilan khas Bali. Dari Kuta, cukup 45 menit menuju pasar ini. 

Pasar ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 Wita. Harga barang yang ada di sini pun beragam, mulai dari Rp 10 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Anda juga bisa menawar untuk mendapat harga yang diinginkan lho!

4. Menonton Tarian Kecak di Uluwatu

Kurang lengkap rasanya jika Anda tidak menyaksikan Tari Kecak yang terkenal di Uluwatu. Selain menyaksikan Tari Kecak, traveler juga akan disajikan oleh pemandangan pura yang cantik dan sunset yang menawan. Perjalanan menuju Uluwatu dapat ditempuh dari Kuta selama 30-45 menit.

Pementasan Tari Kecak selalu ada pada sore hari dan biasanya dipentaskan dengan durasi 1,5 jam. Harga tiket masuk untuk menyaksikan tarian tersebut adalah sekitar Rp 75.000 per orang. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan sunset yang sempurna akan menambah keindahan pemandangan Tari Kecak. Sungguh libur sekolah yang sempurna.

5. Museum Puri Lukisan

Di Museum Puri Lukisan di Jl Raya Ubud, tidak sedikit seniman handal yang menggambarkan keindahan Bali dalam lukisannya. Dijamin Anda akan terkesan! Museum ini memiliki 3 bangunan dan mengoleksi berbagai karya dari seniman terkenal Bali.

Tidak hanya seni lukis, Anda juga bisa menikmati seni pahat yang ciamik. Saat memasuki museum, wisatawan seolah memasuki 'dunia Bali'. Ornamen khas Bali menghiasi tiap ruangan dan suasana Balinya sungguh kental. Mulai dari lukisan penari Bali, pahatan cantik, hingga alunan musik Bali ada di sini.